EXSTREME

EXSTREME

Kamis, 26 September 2013

SURVEYOR INVESTIGATOR


surveyor


Buat rekan-rekan yang bekerja di lapangan, khususnya dengan posisi sebagai surveyor sering menghadapi masalah atau lupa dengan apa saja yang harus dilakukan ketika survey ke calaon nasabah. Terkadang kita sering menganggap enteng suatu proses survey, banyak sekali dari rekan surveyor yang hanya mengandalkan feeling demi mengejar target penyerahan laporan hasil survey yang pada akhirnya tidak sedikit hasil laporan tersebut yang bisa menyebabkan FRAUDS yang bisa sangat merugikan bagi perusahaan  dan banyak kekurangan, sehingga  berdampak terhadap diri sendiri dimana atasan memberikan teguran dengan muka garang.
Adapun tujuan kita survey ke rumah atau tempat usaha nasabah adalah untuk memperoleh keyakinan apakah nasabah mempunyai kemauan dan kemampuan memenuhi kewajibannya kepada bank/finance.
Berikut hal-hal yang diperhatikan dalam survey dan analisa kelayakan kredit,  yang saya dapatkan dari pengalaman diri saya pribadi, rekan-rekan kerja dan artikel-artikel yang saya baca.
 
A. Dokumen Survey
  1. Laporan Survey
  2. Foto Tempat Usaha / Tempat Kerja
  3. Foto Tempat Tinggal
  4. Foto Kondisi Lingkungan
  5. Foto Konsumen
  6. Foto Unit yang dibiaya beserta Surveyor
  7. Foto Dokumen2 nasabah yang diperlukan
B. Tata Cara Survey
  1. Mengucapkan salam dan mengenalkan diri
  2. Menjelaskan tujuan kunjungan untuk survey
  3. Menunjukkan ID dan Surat Tugas resmi
  4. Berpakaian rapi dan sopan
  5. Berbicara dengan sopan santun
  6. Dapat menahan diri dan tidak emosional terhadap calon customer / pemberi informasi yang tidak bersedia memberikan data (kurang kooperatif )
  7. Tidak menerima ataupun meminta imbalan baik berupa materi maupun lainnya sebagai  balas jasa dari calon customer
  8. Menjaga nama baik perusahaan
  9. Tidak memberikan kepada pihak lain hasil investigasi
C. Hal yang wajib dilakukan Surveyor
  1. Memastikan bahwa calon konsumen sesuai dengan  KTP
  2. Surveyor wajib untuk menuangkan hasil survey dan denah lokasi tempat tinggal calon konsumen pada form standard
D. Validasi dan Verifikasi
  1. Validasi dilakukan untuk memastikan bahwa dokumen persyaratan kredit  yang diserahkan adalah SAH & BERLAKU.
  2. Verifikasi kegiatan menguji kebenaran data & informasi atas aplikasi  yang diajukan oleh konsumen. Cth : mengenal cirri-ciri KTP
E. Wawancara
WAWANCARA Merupakan  PERSONAL DISCUSSION dengan konsumen, untuk memperoleh GAMBARAN lebih mendalam tentang calon konsumen melalui informasi yang diperoleh langsung  dari yang bersangkutan sehingga dapat mendapatkan informasi yang lengkap tentang kelayakan permohonan kredit
Jika calon customer wiraswasta:
  1. Bidang usaha pemohon?, (lihat secara lsg & tanya)
  2. Product apa yang dijual (apakah product yang cukup laku dipasaran?)
  3. Pengalaman usaha sudah brp lama?
  4. Siapa langganan/pembelinya?
  5. Supplier barang dari mana?
  6. Berapa rata-rata omzet usaha (harga product?, unit yang dijual)
  7. Keuntungan rata-rata
  8. Siapa yang mengelola usaha sehari-hari?
  9. Tempat usaha  kontrak/milik sendiri
  10. Kondisi lokasi usaha (ramai/sepi, pasar/skolah, dll)
  11. Pengeluaran keluarga perbulan
  12. Apakah mrpkan usaha utama
  13. Ada penghasilan lain
  14. Suami / istri bekerja
  15. Penghasilan bersih perbulan
Jika calon customer karyawan/ti:
  1. Berapa lama bekerja
  2. Bidang usaha pekerjaan
  3. Jabatan, Nama Atasan, Nama & Alamat tempat kerja
  4. Riwayat pekerjaan sebelumnya (Kerja > 2 tahun)
  5. Penghasilan/bulan, sistem pembayaran gaji (transfer/tunai, dll)
  6. Komposisi penghasilan VS jenis pekerjaan
  7. Status karyawan (Kontrak/tetap/dll)
  8. Biaya rutin/bulan (Biaya transport, sekolah, makan, pendidikan, tanggungan lain, dll)
  9. Jumlah tanggungan dalam keluarga
  10. Apakah S/I memiliki penghasilan (Bila penghasilan PK VS Angsuran > 30%, minta dokumen penghasilan S/I)
  11. Kewajiban lain bila ada (Angsuran rumah/mobil/dll
Jika calon customer  badan usaha/perusahaan:
  1. Bergerak dalam bisnis apa, bisnis utama?
  2. Pemilik perusahaan, share holder mayoritas?
  3. Product apa yang dihasilkan
  4. Pengalaman usaha berapa lama
  5. Key person dalam usaha siapa,(Usaha keluarga/joint?)
  6. Supplier barang/bahan baku dari mana
  7. Langganan/pembeli utama, dijual kemana
  8. Perkiraan omzet usaha (rupiah/unit)
  9. Keuntungan perusahaan kira-kira
  10. Kondisi keuangan dilihat dari rekening bank
  11. Status kantor (kontrak/milik sendiri?)
I.  KESIMPULAN SURVEYOR 
  • Analisa Character
  1. Sikap konsumen selama interview
  2. Kemudahan dalam memberikan data-data & informasi
  3. Hasil cek lingkungan, pola hidup konsumen, dll
  •  Analisa Keuangan
  1. Sumber penghasilan
  2. Sumber penghasilan lain (bila ada), pengeluaran rutin untuk apa saja
  3. Berapa % angsuran dibandingkan dengan penghasilan bersih? Angsuran lain?
  4. Masih tersisa tidak untuk tabungan
  • Analisa Capital
  1. Berapa besar DP yang dibayar konsumen dikaitkan dengan resiko pembiayaan
  2. Kepemilikan pemohon atas barang-barang berharga (mobil, motor, rumah megah)
  • Analisa Lingkungan
  1. Lingkungan tempat tinggal pemohon, perkampungan, masuk mobil,gang sempit, atau kondisi lainnya
  2. Kawasan perumahan, gampang dicari, jauh dari kawasan preman, dll
  3. Rumah gampang dicari, susah, berikan penjelasan. Dll
Mudah-mudahan dengan coretan ini bisa membantu rekan-rekan dalam proses survey calon nasabah dalam pengajuan kredit, sehingga bisa meminimalisir resiko yang ditimbukan seperti kredit macet, unit gadai/pindah tangan atau bahkan nasabah membawa kabur unit tersebut.
Mengambil dari kutipan Martin Luther King  dan sedikit merubah kalimatnya
“Jika seseorang terpanggil menjadi seorang surveyor , hendaklah Ia menjadi seorang surveyor sebagaimana Michael Angelo memahat, atau Beethoven menciptakan simponi, atau Shakespeare menulis bait-bait puisi. Hendaklah Ia menjadi seorang surveyor dengan sangat baik sehingga segenap isi Surga dan Bumi serentak menghentikan kegiatan mereka dan berkata :
“Di sini tinggal seorang Surveyor yang agung, yang menjalankan tugasnya dengan sangat baik”.
 

wasalam

1 komentar:

  1. Merkur Slots Machines - SEGATIC PLAY - Singapore
    Merkur Slot Machines. 5 star communitykhabar rating. The Merkur Casino game was goyangfc the poormansguidetocasinogambling first to https://septcasino.com/review/merit-casino/ feature video slots 1xbet korean in the entire casino,

    BalasHapus